Tuesday , December 10 2019
Home / Artikel / Membongkar Pencalegan di PKS | Nasrulloh Mu

Membongkar Pencalegan di PKS | Nasrulloh Mu

Oleh : Nasrulloh Mu

Sedikit mau share ah.. tentang proses pencalegan di PKS, walau saya sendiri nggak pernah jadi caleg.
Sepengetahuan saya sih, di tubuh PKS ada bagian kaderisasi yang membina kader-kadernya secara rutin. Mereka biasanya berkelompok-kelompok dengan diketuai seorang mentor.
Biasanya, jauh-jauh hari sebelum proses pencalegan. Setiap kelompok mengusulkan beberapa nama yang akan dimasukan ke dalam daftarbakal  calon caleg. Nama-nama ini lalu direkap dan diberikan ke struktur partai yang membidangi proses penjaringan bakal calon caleg.
Setelah nama-nama dari seluruh kelompok tersebut masuk. Struktur partai akan mengkompilasi nama-nama tersebut. Nama yang sudah masuk tersebut diseleksi baik secara moralitasnya, kapabelitasnya dan intergritasnya.
Nama-nama yang terseleksi akan diikutkan dalam pemilu internal PKS, yang diikuti oleh seluruh kader untuk memilih nama-nama yang layak untuk  menjadi bakal calon caleg.
Nama-nama yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilu internal PKS tersebut, menjadi pertimbangan untuk dimasukan sebagai caleg oleh struktur partai.
Begitulah sekelumit proses seleksi caleg PKS. Seleksinya bukan hanya ditingkat struktur partai saja, tetapi ditingkat kelompok-kelompok kaderisasi sudah disaring oleh anggota dan mentor kelompok tersebut, ditambah lagi penyaringan melalui pemilu internal yang diikuti oleh seluruh kader diwilayah tersebut.
Sumber :
http://politik.kompasiana.com/2013/04/02/membongkar-pencalegan-di-pks-542302.html

About pkskabbogor

Check Also

Berkah Musyawarah, Salah Maupun Benar Hasilnya

  Musyawarah itu berkah, apapun keputusannya. Berkah saat benar atau pun salah hasil keputusannya. Allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.