Saturday , December 7 2019
Home / Berita / Impor Daging Bermasalah, Kementan Dukung BPK Ungkap Skandal Sapi

Impor Daging Bermasalah, Kementan Dukung BPK Ungkap Skandal Sapi

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan ke DPR tentang indikasi kelalaian pada lima kasus impor daging sapi yang diduga melanggar peraturan dan perizinan yang diberikan. Indikasinya tanpa surat persetujuan pemasukan, memalsukan dokumen persetujuan impor barang dan mengubah nilai transaksi impor daging. Yang ini dilakukan tanpa koordinasi yang baik oleh Kemendag.
Menanggapi hal itu, Menteri Pertanian mengaku belum menerima laporan audit BPK terkait kasus impor daging sapi. Dugaan BPK tersebut sebaiknya diserahkan kepada lembaga penegak hukum agar dapat segera ditindaklanjuti.
“Kementerian Pertanian tidak keberatan atas dugaan tersebut dan mendukung kinerja BPK. Tapi saya belum dapat laporan. Saya belum tahu persisnya seperti apa dugaan itu. Nanti akan kami laporkan ke pihak berwajib,” ungkap Suswono yang ditemui di gedung parlemen Senayan Jakarta, Rabu (3/4).
Suswono mengharapkan dapat segera menerima hasil audit BPK itu demi mempelajari sekaligus mengambil langkah lebih lanjut sesuai rekomendasi yang diberikan.
“Saya belum tahu kerugiannya seperti apa. Biasanya kan BPK setelah melakukan audit, pasti ada rekomendasi. Rekomendasi itulah yang kami tindak lanjuti,” kata dia.
Sebelumnya, BPK telah menyerahkan hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas permintaan Dewan Perwakilan Rakyat terkait mekanisme importasi daging sapi.
BPK melaporkan temuannya mengenai indikasi kelalaian pada tingkat kementerian terkait dalam pemberian persetujuan impor dari periode 2011 hingga saat ini.
“Masih ditemukan kelalaian dalam penerbitan persetujuan impor yang tidak berdasarkan rekomendasi persetujuan pemasukan, yang dikoordinasikan di tingkat menko oleh mendag dari hasil rekomendasi mentan,” ujar Ketua BPK, Hadi Purnomo, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (2/4).(b2b/suaranews)

About pkskabbogor

Check Also

Politisi PKS Minta Pemerintah Fasilitasi Sholat Minta Turun Hujan

Politisi PKS Provinsi Kalimantan Tengah, Heru Hidayat meminta pemerintah provinsi setempat termasuk pemerintah tingkat kabupaten/kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.